Segitiga Bermuda History
Segitiga Bermuda merupakan teka-teki
alam semesta yg membuat manusia bingung utk mengungkapkannya semenjak 500 th
lalu saat Colombus menemukan Amerika th 1492M. Hingga sekarang ia tetap menjadi
misteri sekalipun berbagai perkiraan dan prediksi telah disampaikan. Fenomena
ini merupakan salah satu keajaiban alam yg sering di bicarakan dari waktu ke
waktu. Semuanya diliputi keanehan dan ketidak jelasan.
Segitiga ini adalah bagian tersembunyi yg terletak di Samudera Atlantik, yg telah menelas ratusan atau mungkin ribuan kapal dan pesawat tanpa ada jejaknya. Tidak ada seorangpun yg mampu mengungkapkan secara pasti rahasia yg sgt misterius ini.
Segitiga bermuda adalah tantangan terbesar yg dihadapi manusia skr ini juga dimasa mendatang.
Segitiga ini adalah bagian tersembunyi yg terletak di Samudera Atlantik, yg telah menelas ratusan atau mungkin ribuan kapal dan pesawat tanpa ada jejaknya. Tidak ada seorangpun yg mampu mengungkapkan secara pasti rahasia yg sgt misterius ini.
Segitiga bermuda adalah tantangan terbesar yg dihadapi manusia skr ini juga dimasa mendatang.
Letak Geografis
Segitiga Bermuda terletak di sebelah
barat Samudera Atlantik, sebelah tenggara wilayah Miami Florida, AS. Tepatnya
sebagian besar wilayah ini membentuk segitiga, antara kepulauan Bermuda, Puerto
Rico di Jamaica dan bagian selatan Florida AS. Luas Segitiga Bermuda ini kira2
1,2 juta kilometer persegi terdiri dari 300 pulau kecil yg dihuni 65.000 jiwa.
Sebab Penamaan
Dikenal dg nama Segitiga Bermuda (The Bermuda Triangle) pada th 1945 saat terjadi raibnya sekumpulan pesawat yg membentuk formasi segitiga sblm hilang. Sejak saat itu, wilayah ini dikenal dg nama Segitiga Bermuda dan sejak itu pula orang bicara ngeri ttg segitiga maut bermuda. Maka sebagian org menamakan dg “Kepulauan Setan” dan “Segitiga Setan”.
Ada pula yg mengatakan bhw disebut segitiga, krn stlh berbagai kelenyapan kapal dan pesawat terbang itu diproyeksikan pada peta, ternyata semua berlangsung di suatu daerah berbentuk segitiga, antar kepulauan bermuda, Puerto rico, dan bagian selatan Florida.
Dikenal dg nama Segitiga Bermuda (The Bermuda Triangle) pada th 1945 saat terjadi raibnya sekumpulan pesawat yg membentuk formasi segitiga sblm hilang. Sejak saat itu, wilayah ini dikenal dg nama Segitiga Bermuda dan sejak itu pula orang bicara ngeri ttg segitiga maut bermuda. Maka sebagian org menamakan dg “Kepulauan Setan” dan “Segitiga Setan”.
Ada pula yg mengatakan bhw disebut segitiga, krn stlh berbagai kelenyapan kapal dan pesawat terbang itu diproyeksikan pada peta, ternyata semua berlangsung di suatu daerah berbentuk segitiga, antar kepulauan bermuda, Puerto rico, dan bagian selatan Florida.
Misteri di Bermuda
Dibagian barat lautan Atlantik, ada
area tertentu (laut sargaso) yg terkenal sgt aneh. Ditempat ini air lautan
dihuni oleh jenis tertentu dari binatang laut yg disebut “Sarjasam”, yg biasa
mengapung dlm jmlh besar, dlm bentuk klompok2 yg bisa menghalangi laju perahu
dan kapal laut. Dulunya, Colombus ketika pertama kali sampai ditempat ini, ia
meyakini bahwa dirinya telah dkt dg daratan (pantai), krn itu ia semakin
bersemangat melanjutkan perjalanan dg harapan akan segera sampai di pantai
terdekat, akan tetapi usahanya sia-sia.
Laut sargaso jg terkenal dg
keheningan yg sangat. ia adlh laut mati, tdk didapati gerakan apapun krn
jarangnya hembusan udara dan angin yg menerpanya.
Para pelaut menjulukinya dg banyak nama, antara lain “laut seram” dan “kuburan atlantik”. Hal ini mereka saksikan dari suasana mencekam dan ketakutan luar biasa pd saat mereka berlayar.
Para pelaut menjulukinya dg banyak nama, antara lain “laut seram” dan “kuburan atlantik”. Hal ini mereka saksikan dari suasana mencekam dan ketakutan luar biasa pd saat mereka berlayar.
Ekspedisi laut modern mengisyaratkan
adanya jumlah besar dari kapal laut, kapal selam, dan perahu yg teronggok
didasar laut ini, yg berasal dari berbagai masa semenjak perjalanan melalui
lautan. Kebanyakan kapal-kapal tsb terbenam didasar lautan pd sisi2 yg gelap,
disamping hilangnya sejumlah besar kapal dan perahu tanpa meninggalkan jejak
sedikitpun. Juga ditemukan pada dasar lautan ini ratusan bentuk luar biasa dari
bekas kapal dan penumpangnya.
Permulaan hilangnya kapal2 di
Bermuda, pada th 1850, hilang diwilayah ini atau dekat dengannya lbh dari 50
kapal. Sebagian nahkoda berhasil mengirimkan surat2 (telegram) pd saat2
genting, akan tetapi anehnya surat2 tsb tdk jelas sehingga tdk seorg pun yg
bisa memahaminya.
Kebanyakan kapal yg hilang adlh milik pemerintahan AS.
Yang pertamakali adlh kapal Enserjen, yg hilang dg memuat 340 penumpang. Disusul hilangnya kapal selam Scorpion pada th 1968 yg mengangkut 99 pelaut.
Kebanyakan kapal yg hilang adlh milik pemerintahan AS.
Yang pertamakali adlh kapal Enserjen, yg hilang dg memuat 340 penumpang. Disusul hilangnya kapal selam Scorpion pada th 1968 yg mengangkut 99 pelaut.
Termasuk kapal yg hilang di Segitiga
bermuda, pd th 1880, kapal perang Inggris Atlanta yg mengangkut 290 jiwa,
kemudian pada th 1918 kapal Amerika Saiklob yg mengangkut 309 orang. Pada bln
April 1925, kapal pengangkut barang Raifuku Maru dari Jepang, yg blh dikatakan
sdh modern dilangkapi pemancar radio, dan sgt layak laut cepat sekali tenggelam
stlh mengirim berita :” seperti pisau raksasa! Cepat tolong! kami tak mungkin
lolos!” kapal itu ditelan ombak bersama seluruh awaknya. Tak ada yg tersisa.
Bulan oktober 1951, kapal tanker Southern Isles mengalami nasib serupa. ketika berlayar dalam konvoi, tiba-tiba ia hilang sampai kapal-kapal yg lain hanya melihat cahaya yg ditinggalkannya sedang tenggelam kedasar laut.
Kapal tanker kembarannya Southern Districts tenggelam dg cara yg sama dl bln desember 1954. Ia hilang tanpa meninggalkan isyarat SOS ketika berlayar melintasi wilayah yg tdk beres itu ke utara menuju South Carolina.
Bulan oktober 1951, kapal tanker Southern Isles mengalami nasib serupa. ketika berlayar dalam konvoi, tiba-tiba ia hilang sampai kapal-kapal yg lain hanya melihat cahaya yg ditinggalkannya sedang tenggelam kedasar laut.
Kapal tanker kembarannya Southern Districts tenggelam dg cara yg sama dl bln desember 1954. Ia hilang tanpa meninggalkan isyarat SOS ketika berlayar melintasi wilayah yg tdk beres itu ke utara menuju South Carolina.
Fenomena Raibnya Pesawat
Keanehan ini juga berimbas ke
wilayah udara lautan Atlantik, dimana banyak pesawat tiba-tiba raib saat
melewati udara lautan atlantik, atau melalui udara Bermuda.
Pada 5 Desember th 1945, formasi lengkap 5 buah pesawat pelempar torpedo Grumman TMB-3 Avenger AL AS raib dihari yg msh siang. Sebuah pesawat penyelamat yg ingin mencari sisa-sisanya pun ditelan ombak di “laut yg tdk beres” itu. Lima jet tempur itu bertolak dari pangkalan udara Forth Lauderdale di utara Miami wilayah Florida,AS dlm rangka misi pelatihan. Penerbangan ini dimulai dr Florida pukul 14.40 menuju arah timur sejauh 160 mil, kemudian belok ke utara sejauh 40 mil, dan akhirnya ke Barat Daya utk kembali ke pangkalan lagi. Dalam perjalanan ada acara latihan menyerang bbrp bangkai kapal di pantai kepulauan Great Sale Clay. Saat itu lima pesawat terbang dlm formasi segitiga.
Pada 5 Desember th 1945, formasi lengkap 5 buah pesawat pelempar torpedo Grumman TMB-3 Avenger AL AS raib dihari yg msh siang. Sebuah pesawat penyelamat yg ingin mencari sisa-sisanya pun ditelan ombak di “laut yg tdk beres” itu. Lima jet tempur itu bertolak dari pangkalan udara Forth Lauderdale di utara Miami wilayah Florida,AS dlm rangka misi pelatihan. Penerbangan ini dimulai dr Florida pukul 14.40 menuju arah timur sejauh 160 mil, kemudian belok ke utara sejauh 40 mil, dan akhirnya ke Barat Daya utk kembali ke pangkalan lagi. Dalam perjalanan ada acara latihan menyerang bbrp bangkai kapal di pantai kepulauan Great Sale Clay. Saat itu lima pesawat terbang dlm formasi segitiga.
Lima pesawat tempur ini diawaki oleh
5 pilot dibantu 8 tenaga ahli yg sangat mahir dan berpengalaman. Pimpinan Pilot
saat itu adalah Letnan Charles Taylor yg sudah mengantongi 2.500 jam terbang
berada pada ujung formasi segitiga. Skuadron tsb pd saat mnjalankan latihan pd
sekejap waktu mengarah kpd rongsokan kapal pengangkut barang yg mengapung di
permukaan laut Atlantik selatan Bimini. Pada pukul 15.45 saat pimpinan
pangkalan militer menunggu berita dari skuadron 19, utk menentukan letak
pangkalan dan kode landing, pimpinan pangkalan militer tsb sekonyong-konyong
menerima berita aneh dari Pilot penerbangan (Letnan Charles Taylor), berteriak
mengatakan:
” Ini gawat Pak! kami sepertinya khilangan arah! Tak ada daratan. Ulangi! Tak ada daratan! Saya tdk bs menentukan arah, kami tlh nyasar di angkasa, semuanya terlihat asing dan membingungkan, kami tdk tau arah!”
Menara pengawas mananyakan formasi pesawat tapi Taylor menjawab:
“Tak tahu persis dimana kami berada!”
“Terbanglah ke Barat” perintah menara
Tapi kemudian lama sekali tidak ada kontak. Lalu ada percakapan simpang siur dari bbrp orang penerbang yg lain.
“Kami tdk tahu dimana arah Barat itu. Ada yg tdk beres ini. Semua terlihat aneh. bahkan lautnya juga” Sesuda sepi sejenak, komandan penerbangan menyerahkan komando kepada penerbang lain tnp alasan yg jls. Komandan baru ini melapor dg suara setgh histeris:
” Ya Tuhan! Dimana kami ini! Mungkin kami sudah melewati Florida dan terbang diatas Teluk Meksiko!”
Pada saat itu komandan yg baru memutuskan utk terbang kembali 180 derajat ke arah Florida lagi, tetapi dari kenyataan sinyal radionya makin lama makin lemah, diduga ia justru terbang lebih menjauhi pangkalan. Lapora terakhir yg ditangkap ialah :
“Nampaknya kami memasuki air putih..tamatlah kami!”
Segera sesudah kontak dg penerbang itu putus, sebuah pesawat amfibi PBM-5 martin Mariner mengangkasa utk memberi pertolongan. Bbrp menit kemudian, pesawat ini melaporkan posisinya, tapi kemudian pemancarnya diam. Pesawat ini hilang juga bersama 13 awak pesawat. tak berbekas seperti lima pesawat Grumman yg hendak ditolong. Menurut saksi mata diatas kapal tanker Gaines miles yg kebetulan berlayar di daerah itu, pesawat amfibi itu jatuh ke laut.
” Ini gawat Pak! kami sepertinya khilangan arah! Tak ada daratan. Ulangi! Tak ada daratan! Saya tdk bs menentukan arah, kami tlh nyasar di angkasa, semuanya terlihat asing dan membingungkan, kami tdk tau arah!”
Menara pengawas mananyakan formasi pesawat tapi Taylor menjawab:
“Tak tahu persis dimana kami berada!”
“Terbanglah ke Barat” perintah menara
Tapi kemudian lama sekali tidak ada kontak. Lalu ada percakapan simpang siur dari bbrp orang penerbang yg lain.
“Kami tdk tahu dimana arah Barat itu. Ada yg tdk beres ini. Semua terlihat aneh. bahkan lautnya juga” Sesuda sepi sejenak, komandan penerbangan menyerahkan komando kepada penerbang lain tnp alasan yg jls. Komandan baru ini melapor dg suara setgh histeris:
” Ya Tuhan! Dimana kami ini! Mungkin kami sudah melewati Florida dan terbang diatas Teluk Meksiko!”
Pada saat itu komandan yg baru memutuskan utk terbang kembali 180 derajat ke arah Florida lagi, tetapi dari kenyataan sinyal radionya makin lama makin lemah, diduga ia justru terbang lebih menjauhi pangkalan. Lapora terakhir yg ditangkap ialah :
“Nampaknya kami memasuki air putih..tamatlah kami!”
Segera sesudah kontak dg penerbang itu putus, sebuah pesawat amfibi PBM-5 martin Mariner mengangkasa utk memberi pertolongan. Bbrp menit kemudian, pesawat ini melaporkan posisinya, tapi kemudian pemancarnya diam. Pesawat ini hilang juga bersama 13 awak pesawat. tak berbekas seperti lima pesawat Grumman yg hendak ditolong. Menurut saksi mata diatas kapal tanker Gaines miles yg kebetulan berlayar di daerah itu, pesawat amfibi itu jatuh ke laut.
Termasuk pesawat yg raib adalah
1. Pada th 1945, raib dua buah
pesawat pengebom milik angkatan bersenjata AS.
2. Pada th 1948, pesawat penumpang Inggris Star Tiger yg mengangkut 313 penumpang raib.
3. Kembali pesawat penumpang inggris , Star Ariel yg mengangkut 474 penumpang jg raib.
4. Pada th 1956, pesawat P5M milik angkatan laut AS raib bersama 5 org penumpangnya.
2. Pada th 1948, pesawat penumpang Inggris Star Tiger yg mengangkut 313 penumpang raib.
3. Kembali pesawat penumpang inggris , Star Ariel yg mengangkut 474 penumpang jg raib.
4. Pada th 1956, pesawat P5M milik angkatan laut AS raib bersama 5 org penumpangnya.
Pertanyaanya : Apakah ada waktu
tertentu utk mengetahui terjadinya musibah di Segitiga Bermuda?
Para peneliti menilai bahwa kebanyakan peristiwa terjadi pada waktu2 tertentu, yg disebut dg musim menghilang, yaitu musim liburan antara November, Desember dan Februari, khususnya yg mendahului awal th baru masehi atau sesudahnya.
Para peneliti menilai bahwa kebanyakan peristiwa terjadi pada waktu2 tertentu, yg disebut dg musim menghilang, yaitu musim liburan antara November, Desember dan Februari, khususnya yg mendahului awal th baru masehi atau sesudahnya.
Prediksi ttg misteri Segitiga
Bermuda
Banyak teori dikemukakan utk mengungkap misteri Segitiga bermuda, antara lain:
Banyak teori dikemukakan utk mengungkap misteri Segitiga bermuda, antara lain:
1. Teori Gempa laut dan serangan
gelombang besar. Teori ini mengatakan : Gesekan dan goncangan di tanah di dasar
Lautan Atlantik menghasilkan gelombang dahsyat dan seketika kapal2 menjadi hilang
kendali dan lgsg menuju dasa laut dg kuat hanya dlm bbrp detik. Adapun
hubungannya dg pesawat, maka goncangan dan gelombang kuat tsb menyebabkan
hilangnya keseimbangan pesawat serta tdk adanya kemampuan bagi pilot utk
menguasai pesawat.
2. Teori Gravitasi (medan graviti
terbalik, anomali magnetik graviti) dan hubungannya dg apa yg terjadi di
Segitiga Bermuda; sesungguhnya kompas dan alat navigasi elektronik lainnya
didalam pesawat pd saat terbang di atas Segitiga Bermuda akan goncang dan
bergerak tidak normal, begitu juga dg kompas pada kapal, yg menunjukkan kuatnya
daya magnet dan anehnya gravitasi.
3. Teori lubang ruang waktu yg
menyedot hilang semua materi, seperti black hole (lubang hitam) yg ada
diangkasa.
4. Teori pusaran air. Menurut Bill
Dillon dari U.S Geological Survey, air bercahaya putih itulah penyebabnya.
Didaerah segitiga maut Bermuda, tapi juga di bbrp daerah lain sepanjang tepi
pesisir benua, terdapat “tambang metana”. tambang ini terbentuk kalau gas
metana menumpuk dibawah dasar laut yg tak dapat ditembusnya. Gas ini dapat
lolos tiba2 kalau dasar laut retak. Lolosnya tdk kepalang tangung. Dengan
kekuatan yg luar biasa, tumpukan gas itu menyembur ke permukaan sambil merebus
air, membentuk senyawaan metanahidrat. Air yg dilalui gas ini mendidih sampai
terlihat sbg “air bercahaya putih”. Blow out serupa yg pernah terjadi dilaut
Kaspia sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak sebagai korban. Regu
penyelamat yg dikerahkan tdk menemukan sisa sama sekali. Mgkn krn alat dan manusia
yg menjadi korban tersedot pusaran air, dan jatuh kedalam lubang bekas retakan
dasar laut, lalu tanah dan air yg semula naik ke atas tapi kemudian mengendap
lagi didasar laut, menimbun mrk semua.Kemudian pesawat yg terbang rendah memang
dpt terpengaruh oleh pancaran air mendidih bercampur gas yg luar biasa kuatnya
itu, lalu jatuh ke laut. tetapi apakah yg menyebabkan kompas pesawat Grumman
itu tdk berfungsi? jelas medan magnet, tapi dari apa? Apakah dari ledakan
gunung di dasar laut? ini msh tetap misteri.
5. Teori Piring Terbang (UFO)
mengatakan bhw diwilayah itu adalah markas besar UFO di bumi ini. Ada hubungan
antara munculnya piring terbang dg raibnya kapal dan pesawat diwilayah tsb.
6. Yang lebih aneh lagi adalah
Segitiga Bermuda tsb sbg pusat Pemerintahan kota Atlantis yg tenggelam ribuan
tahun yg lalu, kota manusia duyung, selain ia adalah pusat persembunyian Dajjal
al-Akbar.
Walhasil, semua kejadian aneh yg
berkepanjangan itu meletakkan Segitiga bermuda sbg tempat paling misteri
didunia ini.
Akhirnya, kita tdk bisa mengatakan
kecuali Allahu a’lam. Dialah yg Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan dg
tangan-Nya Dia membolak balikkan segala sesuatu sekehendak-Nya. Maha suci
Allah…Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
sumber kaskus.us (cendol buat icalsol)
0 komentar:
Posting Komentar