About

LEBIH BAIK SALAH DARIPADA TIDAK PERNAH BERBUAT SALAH !! jangan takut untuk mencoba daripada tidak pernah mencoba sama sekali !!

Senin, 27 Februari 2012

filosofi sakura


Filosofi bunga sakura

bunga sakura adalah contoh sempurna-menurutku-untuk menggambarkan bagaimana seharusnya manusia hidup.
aku pernah baca di majalah, kalau yang namanya bunga sakura itu hanya mekar selama dua minggu sebelum akhirnya berguguran dan harus menunggu tahun berikutnya untuk kembali mekar.
tapi, dalam dua minggu masa hidupnya, setiap kelopak bunga sakura yang mekar itu mampu menunjukkan keindahannya. mungkin itulah sebabnya mengapa orang Jepang selalu mengagung-agungkan bunga yang menjadi ciri khas negaranya ini, dan selalu menunggu-nunggu kemunculannya di minggu-minggu awal bulan April setiap tahunnya.
bahkan, aku pernah baca, berbeda dengan negara-negara lain, sistem pendidikan di Jepang selalu memulai tahun ajaran baru di bulan April setiap tahunnya, bertepatan dengan waktu berseminya bunga sakura.
nah, bunga sakura yang hanya mampu bertahan hidup selama dua minggu saja, mampu melakukan hal sehebat itu. bagaimana dengan kita manusia, yang mempunyai waktu bertahun-tahun sebelum kita meninggalkan dunia?
apa yang sudah kita lakukan, yang membuat orang akan selalu mengenang kita, bahkan nanti setelah kita sudah tidak ada lagi?
tidak, aku tidak sedang berbicara tentang penemuan terbesar abad ini seperti yang dilakukan Graham Bell, Alva Edison, Einstein, atau jenius-jenius lain.
aku tidak sedang berbicara tentang misi perdamaian yang mencengangkan dunia yang dilakukan Putri Diana dan Mother Theresa.
aku tidak berbicara tentang hal-hal revolusioner yang mengubah sejarah seperti Martin Luther dan Mahatma Gandhi.
aku juga tidak berbicara tentang perjuangan mempertaruhkan nyawa seperti para pejuang terdahulu.
ya, mereka semua memang hebat. tindakan yang mereka lakukan memang hebat, membuat dunia mengakui dan terus mengenang mereka sampai berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun setelah mereka tiada.
tapi kita tidak harus menjadi seperti itu.
ARK, seperti yang dikatakan ‘Tuhan’ yang diperankan Morgan Freeman dalam film ‘Evan Almighty’.
Act Random Kindness.
berbuat satu kebaikan setiap hari, kebaikan apapun itu. tidak perlu memikirkan tindakan spektakuler untuk mengubah dunia. satu kebaikan kecil setiap hari, bila dilakukan oleh semua orang, sudah cukup untuk mengubah dunia ini dan membuatnya jadi lebih baik.
Sakura tidak pernah melakukan hal-hal yang bombastis. hal-hal spektakuler. sakura tidak pernah melakukan hal-hal revolusioner. sakura tidak pernah melakukan eksperimen yang berujung pada penemuan terbesar yang mengubah sejarah.
sakura hanya melakukan apa yang dia bisa selama masa hidupnya. dia mekar, menunjukkan keindahannya dengan begitu jujur selama dua minggu yang singkat itu.
dia memberikan perasaan menyenangkan bagi orang yang melihatnya.
dia meneduhkan jalan-jalan yang dilalui manusia selama dua minggu masa hidupnya.
tapi itu saja sudah cukup untuk membuat orang-orang mengenangnya dalam cara yang luar biasa.
sakura punya waktu dua minggu setiap tahun. jadi kalaupun dia tidak memberikan yang terbaik tahun ini, toh dia masih punya dua minggu berikutnya di tahun depan.
tapi kita tidak. kita memang punya berpuluh-puluh tahun, tapi begitu waktu itu berakhir, kita tidak akan pernah punya kesempatan-kesempatan berikutnya.
jadi kalau sakura saja mampu memberikan yang terbaik darinya, kenapa kita tidak?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes